Cara Alami Sehat dan Langsing dengan Makan OAT




Sahabat nawawi[dot]net Mengonsumsi oat secara teratur diyakini dapat menyehatkan jantung dan menjaga tubuh tetap langsing. Bagaimana bisa? Seperti dikatakan Trias Mahmudiono SKM MPH, dari banyak pilihan, oat memang salah satu bahan makanan yang perlu dipertimbangkan. Oat adalah sejenis sereal yang diperoleh dari biji gandum yang diolah melalui berbagai proses. Mulai dari pengupasan, pembersihan, pemotongan, dan penumbukan.

Biji gandum sendiri terdiri atas dua bagian yaitu bagian luar berupa sekam dan bagian dalam berupa groat. Sedang oat diperoleh dari lapisan terluar groat. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam oat juga bisa meningkatkan zat organik dan kation. Kondisi tersebut memunculkan respon di dalam saluran pencernaan bagian bawah yang cukup baik. Sebab, serat membantu memroses sari-sari makanan untuk difermentasi. Sehingga, orang yang mengonsumsi oat secara teratur tidak akan mudah mengalami sembelit.

Bukan hanya berpotensi melangsing dan menyehatkan saluran cerna, konsumsi oat juga berpotensi menyehatkan jantung. Selama 40 tahun diteliti, didapatkan hasil bawah oat ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang pada akhirnya bisa mencegah terjadinya serangan penyakit jantung.

  • Jenis oat yang dijual di pasaran sangat beragam dan bisa diolah sesuai dengan keinginan, antara lain:

Rolled oats kerap disebut sebagai oatmeal. Ada pula yang menyebutnya old-fashioned oats, old-fashioned oatmeal, flaked oads, flaked oatmel, atau oatflakes.
Ini adalah jenis oat groats yang diolah dengan cara di-steam, dibolak-balik, dan dipotong-potong agar lebih cepat masak. Biasanya, rolled oatmeal dimanfaatkan dalam bentuk sereal atau sebagai bahan campuran kue kering.

Nama lain quick oats adalah quick-cooking oats, quick oatmeal, quick-cooking oatmeal, dan easy oats. Quick oat berbentuk serpihan yang amat pipih yang cocok untuk dijadikan kue. Sehingga, pemasakannya membutuhkan waktu relatif singkat, yaitu sekitar tiga sampai empat menit.

Scotch oats dan steel-cut oats adalah jenis oat yang sama. Variasi namanya cukup banyak. Ada yang menyebutnya Irish oats, pinhead oats, coarse-cut oats, dan steel-cut oatmeal.
Scotch oats sama juga dengan Irish oatmeal, Scotch oatmeal, atau porridge oatmeal. Meski sebutannya berbeda, sesungguhnya itu merujuk pada oat yang terbuat dari groats yang telah dicincang halus.
Rasanya lebih kenyal dibandingkan dengan rolled oat. Biasanya oat Scotch disajikan hangat dalam bentuk sereal dan ditambah susu.

Dengan siraman air panas, oat jenis ini sudah bisa langsung dinikmati. Sayangnya, oat bentuk instan tidak sekenyal oat bentuk lainnya yang memang membutuhkan waktu lebih lama dalam penyajiannya. Selain itu, instan oat biasanya telah diberi tambahan rasa dan garam.

Oat groats disebut juga whole oat groats atau whole oats. Dalam pembuatannya, oat jenis ini diproses secara sederhana. Hanya bagian kulit luarnya saja yang dibuang. Karenanya, oat groats sangat kaya nutrisi dan rasanya pun kenyal. Tapi membutuhkan waktu memasak yang lebih lama. *Ayun/foto:net. Sumber : http://nyata.co.id

0 comments:

Post a Comment